Foods
Sunday, November 20, 2005

Tiga hari menjelang euro trip, saya sakit perut hebat. Sedang tidur dengan lelap, tiba-tiba saya mengaduh dan bangun kesakitan. Salah saya sih memakan makanan yang sudah kadaluarsa ditambah lagi perut saya memang sensitif. Jadi maklum deh kalau saya termasuk orang Indonesia yang tidak suka makan makanan pedas.

Nah, sebelum ke airport, saya dan suami makan di sebuah restoran Arab tidak jauh dari apartemen kami. Daging sapi-nya memang killer sekali! Super lezat! Tapi... saya tidak sengaja menyicip saus yang saya kira saus tomat biasa. Ternyata saus itu pedasss sekaliii!!!

Saat pesawat take off, sakit perut itu kembali terasa. Saya tidak berantisipasi untuk membawa sahabat dalam duka saya, si minyak kayu putih. Maka sepanjang penerbangan, saya harus menahan rasa sakit di perut dengan menaruh kedua telapak tangan saya di sana. Sakit perut yang ini masih kelas ringan sih, bukan sakit perut melilit seperti sebelumnya. Gara-gara itu seorang pramugara sampai bertanya pada suami saya apakah saya hamil. Hahahaha...

Maka, sampai di Copenhagen saya harus makan yang padat-padat. Kami mampir ke China Box. Saya membeli nasi putih dan sayur ditambah dengan ayam. Sebetulnya ada nasi yang dicampur kacang polong dan sedikit potongan daging kecil (nasi favorit saya!). Tapi biar lebih aman, saya memilih yang putih saja. Sebagai muslim, saya berhati-hati untuk tidak memakan makanan yang mengandung babi.

Denmark, tidak seperti Italy, China atau Indonesia... sepertinya tidak memiliki makanan khas. Itu juga apa yang dikatakan teman saya Maria yang orang Denmark. Menurut Maria, yang terkenal, Denmark adalah penghasil babi terbaik di dunia. Karena babi dari Denmark memiliki daging yang lebih banyak (karena gemuk dibandingkan babi dari negara lain) dan babi Denmark memiliki tubuh yang lebih panjang.

Tidak mengherankan sih. Pagi di hari kedua kami di Copenhagen, kami sarapan di stasiun sentral. Hampir semua yang disajikan mengandung babi. Maka kami cukup memesan segelas teh hangat dengan roti yang berisi keju saja.

Kenapa muslim tidak boleh makan babi? Kenapa muslim harus makan hewan yang disembelih a.k.a halal, suami saya menjelaskan ditinjau dari sudut pandang ilmiah. Yang mana sangat masuk akal.

Malamnya, pulang dari Roskilde, suami mengundang teman-temannya untuk makan malam di restoran China. Hehehehe... Teman suami saya ada tiga orang. Dua orang Indonesia yang sedang di ekspat di Copenhagen dan seorang lagi orang Denmark yang pernah diekspat di Semarang.

Oh ya untung juga saya tidak membeli nasi yang ada kacang polong dan daging kecil-kecil itu. Saat buffet di restoran China itu, ada nama dan kandungannya pada tiap makanan. Ternyata nasi yang tidak plain itu memakai daging babi.




e-mail

ninit_yunita@hotmail.com

A Highly Recommended Book

Traveling Man - The Journey OF Ibn Battuta

Traveling - it makes you lonely, then gives you a friend.
Traveling - it offers you a hundred of roads to adventure and gives your heart wings!
Traveling - it leaves you speechless, then turns you into a storyteller.
Traveling - it had captured my heart and now my heart was calling me home.
Traveling - it gives you a home in thousand strange places, then leaves you a stranger in your own land.
Traveling - all you do is take the first step.

10 Recent Entries

  • Roskilde
  • Esplanaden
  • Amalienborg
  • Nyhavn
  • Baresso
  • I Look Like...
  • Tivoli
  • Cab Inn
  • -2 Degrees
  • Euro Trip Begins
  • Archives

  • April 2006
  • December 2005
  • November 2005
  • Travel philosophy from Ian Wright

    "If you spend too much time thinking about it, then you miss it! Things come. Keep looking, meet different people, and exchange ideas. There is no rule."

    "The first step is in your head. So don't think about it, buy a flight ticket tomorrow and then worry about it on the plane. This is the hardest step."
    Ian Wright - Globe Trekker

    Links

    43 Places
    create your traveling map
    Lonely Planet
    Real Travel
    Travbuddy.com
    Travelpod.com
    Virtual Tourist

    Airlines

    air berlin
    openjet
    easyjet
    germanwings
    excel
    skyeurope

    Sleeping

    coach surfing: be a guest at someone's house for FREE
    hostelworld
    travelpunk
    whichbudget
    youth hostel

    Packing

    one bag - the art & science of traveling light
    The universal packing list

    TV Show

    The Amazing Race

    Shoutbox

    Name :
    Web URL :
    Message :


    hits


    Directory of Travel Blogs

    pictures